Claudio Abbado

Claudio Abbado lahir di Milan, Italia, pada tanggal 26 Juni 1933. Ia berasal dari keluarga musisi. Ayahnya, Michaelangelo Abbado, adalah vice-principal di Milan Conservatory, tempat Claudio beserta kakak laki-lakinya, Marcello Abbado, belajar musik. 

Claudio Abbado memulai karir dalam bidang musik sebagai seorang pemain piano. Di sela kesibukannya sebagai seorang pianis Abbado belajar komposisi di bawah arahan Bruno Bettinelli dan belajar sebagai konduktor/dirijen di bawah asuhan Hans Swarowsky di Kota Wina, Austria. 

Pada tahun 1971 Claudio Abbado menjadi konduktor tetap Vienna Philharmonic dan State Opera, tempat ia kemudian diangkat sebagai pengarah musik (music director). Dari tahun 1969 sampai dengan tahun 1986 Abbado menjadi konduktor dan pengarah musik La Scala Opera House, Milan. Selama itu, ia memperpanjang musim penampilan La Scala dan melakukan presentasi karya Alban Berg, "Wazzeck", ke dalam bahasa Jerman. Langkah ini dianggap sebagai inovasi besar bagi publik Milan. 

Karir musik Abbado berkembang lagi dengan kolaborasi yang ia lakukan bersama London Symphony Orchestra, Chicago Symphony, dan European Community Youth Orchestra. Pada tahun 1989 ia menjadi pengarah musik untuk Berlin Philharmonic.

Referensi:
Lorimer L. T. 1995. Grolier Family Encyclopedia. Connecticutt, United States: Grolier Encyclopedia. p.45.

Popular posts from this blog

Alvar Aalto

Komandan Unterseeboot yang selamat setelah perang berakhir (Vol. 1)