Komandan Unterseeboot yang selamat setelah perang berakhir (Vol. 1)
Unterseeboot adalah sebutan bagi kapal selam Jerman semasa Perang Dunia Pertama dan Kedua. Secara leksikal artinya adalah 'kapal bawah laut'. Di dalam bahasa Inggris, Unterseeboot disebut dengan U-Boat.
Angkatan Laut Jerman memang telah mengenal keberadaan kapal selam sejak tahun 1465, yakni ketika seorang perancang kapal dari Nuremberg membuat rencana pembuatan kapal yang memiliki kemampuan untuk beroperasi di bawah permukaan air (menyelam). Namun, tidak seorang pun yang menganggapnya serius selama kurang/lebih separuh millennium. Hingga tiba waktunya Sebastian Wilhelm Valentin Bauer, perancang kapal dari Bayern, memperkenalkan kapal selam hasil kreasinya, Brandtaucher. Gagasan Bauer ditindaklanjuti oleh Vogel (1870) dan selanjutnya Howaldt (1891). Pada masa itu kapal selam belum mampu memenuhi kebutuhan militer sehingga pihak angkatan laut tidak berminat.
Memasuki abad ke-19, Gustav Zede merancang sebuah kapal selam yang diberi nama Forelle. Desain kapal tersebut mengadopsi kapal selam Gymnote milik Prancis. Forelle dianggap sebagai model pertama yang benar-benar berhasil di dalam tahap uji operasi. Terobosan tersebut menarik perhatian Prinz Heinrich von Preussen. Sekali lagi, pihak Angkatan Laut Jerman belum kunjung tertarik; sebaliknya, performa yang ditunjukkan oleh Forelle membuat Rusia terkesan sehingga negara tersebut berkeinginan untuk membelinya. Akhirnya, pada tahun 1904 Rusia memesan tiga buah kapal selam berbobot 205 ton dari perusahaan galangan kapal Jerman, Krupp Germaniawerft guna memperkuat armada laut mereka.
Angkatan Laut Jerman baru bergeming setelah mengamati secara cermat kapal-kapal pesanan Rusia tersebut. Biaya sebesar 1,5 juta mark dianggarkan untuk membangun kapal selam yang lebih sempurna dibandingkan kapal-kapal yang dipesan oleh Rusia. Kapal tersebut kemudian menjadi konsep dasar bagi kapal selam Unterseeboot-1 (U-1). Pada tahun 1905, untuk pertama kalinya lunas U-1 diujicobakan namun sejumlah masalah datang mengganggu selama tahap produksi. Setahun berikutnya, U-1 secara resmi diluncurkan dan menjadi bagian dari Angkatan Laut Jerman, menjadi momentum terbentuknya kesatuan U-Bootwaffe (armada laut bagian kapal selam). U-1 digerakkan oleh mesin dua stroke berbahan bakar paraffin, memiliki displacement 238 ton, 1 tabung torpedo, 3 torpedo, dan dioperasikan oleh 12 orang awak kapal. U-1 dapat melaju hingga kecepatan 10,8 knot pada permukaan air dan 8,7 knot pada saat di bawah permukaan (menyelam). Demikianlah cikal bakal terbentuknya kesatuan kapal selam di dalam sejarah Angkatan Laut negara Jerman. U-boot kelak akan mewariskan banyak sekali cerita dan catatan sejarah selama terjadinya pertempuran laut di dalam Perang Dunia Pertama maupun Perang Dunia Kedua.
Di dalam kesempatan ini saya ingin menyajikan para komandan U-boot yang selamat hingga perang berakhir. Buku sejarah menyatakan bahwa sebagian besar komandan gugur di medan pertempuran, baik dalam periode 1914-1918 maupun 1938-1945. Terdapat sejumlah individu yang tersebut di bawah ini beruntung karena mencapai usia lanjut. Dikatakan 'beruntung' mengingat betapa horror-nya kedua perang besar tersebut.
Keterangan: pada kolom tahun meninggal, angka di dalam kurung menunjukkan usia saat mereka meninggal dunia.
Sumber: Uboat.net.
Referensi:
Williamson, Gordon. 2002. U-boats of the Kaiser's Navy. Oprey Publishing.
"List of all U-boat Commanders." Diakses dari [https://uboat.net/men/commanders/] pada tanggal 5 Oktober 2018.
Angkatan Laut Jerman memang telah mengenal keberadaan kapal selam sejak tahun 1465, yakni ketika seorang perancang kapal dari Nuremberg membuat rencana pembuatan kapal yang memiliki kemampuan untuk beroperasi di bawah permukaan air (menyelam). Namun, tidak seorang pun yang menganggapnya serius selama kurang/lebih separuh millennium. Hingga tiba waktunya Sebastian Wilhelm Valentin Bauer, perancang kapal dari Bayern, memperkenalkan kapal selam hasil kreasinya, Brandtaucher. Gagasan Bauer ditindaklanjuti oleh Vogel (1870) dan selanjutnya Howaldt (1891). Pada masa itu kapal selam belum mampu memenuhi kebutuhan militer sehingga pihak angkatan laut tidak berminat.
Memasuki abad ke-19, Gustav Zede merancang sebuah kapal selam yang diberi nama Forelle. Desain kapal tersebut mengadopsi kapal selam Gymnote milik Prancis. Forelle dianggap sebagai model pertama yang benar-benar berhasil di dalam tahap uji operasi. Terobosan tersebut menarik perhatian Prinz Heinrich von Preussen. Sekali lagi, pihak Angkatan Laut Jerman belum kunjung tertarik; sebaliknya, performa yang ditunjukkan oleh Forelle membuat Rusia terkesan sehingga negara tersebut berkeinginan untuk membelinya. Akhirnya, pada tahun 1904 Rusia memesan tiga buah kapal selam berbobot 205 ton dari perusahaan galangan kapal Jerman, Krupp Germaniawerft guna memperkuat armada laut mereka.
Angkatan Laut Jerman baru bergeming setelah mengamati secara cermat kapal-kapal pesanan Rusia tersebut. Biaya sebesar 1,5 juta mark dianggarkan untuk membangun kapal selam yang lebih sempurna dibandingkan kapal-kapal yang dipesan oleh Rusia. Kapal tersebut kemudian menjadi konsep dasar bagi kapal selam Unterseeboot-1 (U-1). Pada tahun 1905, untuk pertama kalinya lunas U-1 diujicobakan namun sejumlah masalah datang mengganggu selama tahap produksi. Setahun berikutnya, U-1 secara resmi diluncurkan dan menjadi bagian dari Angkatan Laut Jerman, menjadi momentum terbentuknya kesatuan U-Bootwaffe (armada laut bagian kapal selam). U-1 digerakkan oleh mesin dua stroke berbahan bakar paraffin, memiliki displacement 238 ton, 1 tabung torpedo, 3 torpedo, dan dioperasikan oleh 12 orang awak kapal. U-1 dapat melaju hingga kecepatan 10,8 knot pada permukaan air dan 8,7 knot pada saat di bawah permukaan (menyelam). Demikianlah cikal bakal terbentuknya kesatuan kapal selam di dalam sejarah Angkatan Laut negara Jerman. U-boot kelak akan mewariskan banyak sekali cerita dan catatan sejarah selama terjadinya pertempuran laut di dalam Perang Dunia Pertama maupun Perang Dunia Kedua.
Di dalam kesempatan ini saya ingin menyajikan para komandan U-boot yang selamat hingga perang berakhir. Buku sejarah menyatakan bahwa sebagian besar komandan gugur di medan pertempuran, baik dalam periode 1914-1918 maupun 1938-1945. Terdapat sejumlah individu yang tersebut di bawah ini beruntung karena mencapai usia lanjut. Dikatakan 'beruntung' mengingat betapa horror-nya kedua perang besar tersebut.
Keterangan: pada kolom tahun meninggal, angka di dalam kurung menunjukkan usia saat mereka meninggal dunia.
Nama | Thn.Angk. | Uboot | Meninggal | |
Wolf Ackermann | X/1939 | U-994 | 17 Feb 2006 (84) | |
Gerhard Ady | 1940 | U-704/U-677 | 22 Mei 1991 (67) | |
Kurt Ahlers | XII/1939 | U-10/U-1201 | 24 Nov 2007 (85) | |
R.H. Fritz Albrecht | 1937b | U-386 | 22 Sep 1986 (66) | |
Friedrich Altmeier | 1938 | U-1227/U-155 | 2007 (86) | |
Wilhelm Ambrosius | 1926 | U-28/U-21/U-43 | 29 Sep 1955 (52) | |
Hans-Helmut Anschuetz | V/1941 | U-150 | 30 Sep 1987 (64) | |
Ferdinand Graf von Arco | I/1941 | U-151 | 19 Feb 2004 (82) | |
Ulrich-Philpp Graf | X/1939 | U-922/U-29/UA | 31 Des 1980 (63) | |
Siefried Atzinger | Olympia/1936 | U-48/U-262 | 30 Mar 1954 (37) | |
Kurt Baberg | Olympia/1936 | U-30/U-618/U-827 | 31 Mar 2003 (86) | |
Joachim-Werner Bach | 1937b | U-1110 | 05 Feb 1981 (62) | |
Rolf Bahn | Olympia/1936 | U-1235/U-876 | 27 Mei 1997 (79) | |
Ernst-Ludwig Balduhn | 1938 | U-1163 | 20 Jan 2004 (84) | |
Rene Ballert | XII/1939 | U-1196 | 20 Nov 1985 (65) | |
Rudolf Baltz | 1938 | U-603 | 20 Apr 2008 (87) | |
Klaus Heinrich Bargsten | 1935 | U-563/U-521 | 13 Agu 2000 (88) | |
Hans-Heinrich Barschkis | XII/1939 | U-2321 | 29 Jul 1998 (78) | |
Fritz Bart | C29/1937 | UD-4 | 01 Des 1988 (79) | |
Ernst Bauer | 1933 | U-120/U-126 | 12 Mar 1988 (74) | |
Arend Baumann | 1922 | U-131 | 19 Des 1985 (82) | |
Friedrich Baumgaertel | 1940 | U-17/U-142 | 28 Feb 1988 (64) | |
Klaus Becker | X/1939 | U-367/U-260 | 07 Nov 1991 (71) | |
Philipp Becker | 1940 | U-794 | Sep 2000 (78) | |
Richard Becker | 1934 | U-218/U-2503 | 28 Jul 2000 (89) | |
Hans Beckmann | X/1939 | U-2330 | 10 Mei 1981 (63) | |
Guenther Behnisch | XII/1939 | U-2337 | 12 Jul 2010 (88) | |
Udo Behrens | 1930 | U-16/U-24/U-17/U-845 | 14 Apr 1995 (84) | |
Karl-Dietrich Benthin | 1940 | U-2335 | 26 Nov 1990 (69) | |
Paul Berkemann | 1933 | U-4709 | 07 Agu 1989 (76) | |
Richard Bernardelli | 1933 | U-805 | 21 Feb 1986 (77) | |
Hinrich-Oscar Bernbeck | 1934 | U-4/U-461/UD-4/U-638 | 09 Okt 1982 (68) | |
Heinz-Ehler Beucke | 1922 | U-173 | 23 Mei 1979 (75) | |
Heinrich Bleichrodt | 1931 | U-48/U-67/U-109 | 09 Jan 1967 (67) | |
Otto-Ulrich Blum | Olympia/1936 | U-760 | 01 Des 1990 (73) | |
Karl Boddenberg | 19?? | U-963 | 25 Okt 1970 (56) | |
Thilo Bode | Olympia/1936 | U-858 | 03 Jan 2014 (95) | |
Max Bokelberg | 1937a | U-323/U-2530 | 04 Mei 1994 (75) | |
Hans-Heinz Boos | 1937 | U-1015/U-1002 | 06 Jan 2009 (95) | |
Rolf Borchers | 1933 | U-149/U-226/U-276/U-2515 | 11 Okt 1988 (74) | |
Dietrich Borchert | 1933 | U-24/U-566 | 21 Des 1990 (81) | |
Helmut Bork | VIII/1939 | U-275 | 29 Jul 1990 (80) | |
Carl Borm | 1933 | U-592 | 19 Mei 1995 (83) | |
Dieter Bornkessel | XII/1939 | U-2332 | 22 Agu 1992 (72) | |
Karl-Hermann Bortfeldt | X/1939 | U-14/U-1167 | 27 Mei 1975 (54) | |
Harald Bosuener | 19?? | U-1223 | 28 Des 1981 (68) | |
Richard Boettcher | 19?? | U-139 | 21 Okt 1973 (67) | |
Friedrich Braeucker | 1937a | U-889 | 05 Nov 2010 (91) | |
Albrecht Brandi | 1935 | U-617/U-380/U-967 | 06 Jan 1966 (51) | |
Paul Brasack | 1937a | U-737 | 11 Mar 2013 (96) | |
Wilhelm Brauel | 1937b | U-256/U-92/U-3530/U-975 | Sep 2002 (87) | |
Friedrich Breckwoldt | XI/1939 | U-679 | 22 Feb 1947 | |
Siegfried Breinlinger | XII/1939 | U-320/U-3018 | 22 Mei 1999 (79) | |
Hanskurt von Bremen | 1938 | U-764 | 20 Des 1999 (81) | |
Hermann Bruder | XII/1939 | U-1058 | 09 Feb 1996 (74) | |
Ernst-Ulrich Brueller | 1936 | U-7/U-23/U-407 | 28 Feb 1997 (79) | |
Helmut Bruemmer-Patzig | 4/1910 | UD-4 | 11 Mar 1984 (93) | |
Herbert Brueninghaus | 19?? | U-6/U-148/U-1059 | 13 Apr 1987 | |
Herbert Bruenning | 1935 | U-137/U-642/U-3518 | 23 Jan 2005 (89) | |
Paul Buechel | 1925 | U-32/U-860 | 02 Feb 1986 (78) | |
Sigmund Budzyn | V/1941 | U-2352 | 24 Mar 2005 (89) | |
Hans-Juergen Buehring | 1937b | U-360 | 23 Feb 1999 (78) | |
Otto von Buelow | 1930 | U-3/U-404/U-2545 | 05 Jan 2006 (94) | |
Walter Burghagen | 4/1911 | U-219 | 13 Jan 1971 (79) | |
Hans Buscher | 1938 | U-1307 | 23 Sep 1957 (39) | |
Kurt Boehme | 1937b | U-450 | 16 Jul 1984 (67) | |
Heinz Walkering | 1935 | U-91 | 16 Sep 2001 (86) | |
Juergen Wattenberg | 1921 | U-162 | 27 Nov 1995 (94) | |
Karl-Otto Weber | 1936 | U-371/U-709 | 14 Apr 1999 (84) | |
Paul Weber | 1937b | U-677/U-3022 | 13 Jul 1970 (57) | |
Heimar Wedemeyer | 1934 | U-365 | 13 Nov 1998 (92) | |
Friedrich Weidner | 1937b | UD-1/U-1052/U-2518 | 28 Mar 1980 (63) | |
Erhard Wndelberger | XII/1939 | U-720 | 07 Okt 2004 (82) | |
Werner Wendt | 1938 | U-765 | 01 Apr 1988 (72) | |
Rolf-Werner Wentz | X/1939 | U-963 | 27 Jul 2012 (92) | |
Wolfgang Wenzel | 1934 | U-231 | 14 Apr 1992 (82) | |
Herbert A. Werner | XII/1939 | U-415/U-953 | 06 Apr 2013 (92) | |
Otto Westphalen | 1938 | U-121/U-968 | 09 Jan 2008 (87) | |
Hans-Dieter Wex | XII/1939 | U-2354 | 12 Agu 1989 (68) | |
Gerhard Wiebe | 1925 | U-516 | 18 Mar 1985 (78) | |
Arnold Weichmann | X/1939 | U-4701 | 14 Okt 1996 (87) | |
Helmut Wieduwilt | 1938 | U-718/U-262 | 24 Mar 1995 (75) | |
Hans-Dieter Wilke | 19?? | U-766/U-382 | 14 Sep 1963 (51) | |
Claus Willeke | 1937b | U-3514 | 02 Jan 2011 (91) | |
Horst Willner | 1938 | U-58/U-96/U-3505/U-3034 | 19 Jul 1999 (79) | |
Wolf-Werner Wilzer | 1937a | U-363 | 19 Jul 1990 (73) | |
Werner Winter | 1930 | U-30/U-103 | 09 Sep 1972 (60) | |
Max Wintermeyer | 1934 | U-62/U-190 | 04 Mei 1990 (76) | |
Hans-Ludwig Witt | 1929 | U-161/U-129/U-3524 | 13 Feb 1980 (70) | |
Ernst von Witzendorff | 1937a | U-121/U-46/U-101/U-650/U-267/U-2524/U-1007 | 06 Feb 1999 (82) | |
Herbert Wohlfarth | 1933 | U-14/U-137/U-556 | 13 Agu 1982 (67) | |
Eckehard Wolf | 1937b | U-966 | 26 Mar 1978 (60) | |
Karl-Heinz Wolff | 1928 | U-509 | 11 Jul 1970 (60) | |
Helmuth Wuest | X/1939 | U-146 | 29 Apr 2003 (82) |
Referensi:
Williamson, Gordon. 2002. U-boats of the Kaiser's Navy. Oprey Publishing.
"List of all U-boat Commanders." Diakses dari [https://uboat.net/men/commanders/] pada tanggal 5 Oktober 2018.